7 STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERTANIAN ORGANIK
Untuk mempromosikan hasil panen yang lebih sehat kepada masyarakat, strategi pemasaran produk pertanian organik harus dipertimbangkan.

Mereka tidak tahu apa yang dimaksud dengan produk pertanian organik.
Untuk memungkinkan pelanggan belajar secara langsung, diperlukan sebuah strategi pemasaran produk pertanian organik yang efektif.
Strategi Marketing Sayur Organik
Untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan hasil penjualan, perencanaan pemasaran adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Ada tujuh hal yang harus diperhatikan saat memasarkan produk pertanian organik.
1. Menentukan Target Pasar
Pertama-tama, kita harus menentukan pasar target sayur organik. Di Indonesia sendiri, hanya kalangan menengah ke atas yang menyukai sayuran organik, dan orang lain tetap menyukai hasil panen konvensional karena menganggapnya tidak berbeda.
Namun, ini bukan berarti segmentasi pasar akan terhambat; sebaliknya, ini memberikan peluang besar untuk mendistribusikan produk organik ke semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, perlu ada pendekatan tambahan untuk memastikan bahwa semua pelanggan dapat mendapatkan produk sehat ini.
2. Branding dan Pengepakan
Mengemasan sayuran akan meningkatkan nilai jual produk pertanian organik. Sebagai penjual, Anda harus membuat branding dan pembungkus yang menarik. Anda juga harus mempertimbangkan pembungkus yang sesuai dengan prinsip pertanian organik.
Salah satunya adalah menggunakan pengemasan yang ramah lingkungan untuk membuat orang percaya bahwa sayuran organik tidak menghasilkan sampah. Anda juga bisa menggunakan prinsip ini untuk nama merek sayuran organik Anda.
3. Penawaran
Jika Anda tidak melakukan promosi kepada masyarakat, penjualan produk menjadi kurang menyenangkan.
Promosi ini dianggap perlu untuk mengenalkan produk baru dan membuat konsumen menjadi akrab dengan produk yang Anda pasarkan. Selain itu, promosi yang dilakukan secara teratur dan berulang akan membuat konsumen menjadi akrab dengan produk yang Anda pasarkan.
Beberapa cara untuk promosi adalah
- Rajin hadir di setiap acara pameran.
- membuat flyer produk yang diposting di media sosial
- Menggunakan iklan untuk mempromosikan barang
- Menggunakan media untuk berita
4. Memanfaatkan Bisnis Online
Dengan menggunakan kemajuan teknologi saat ini, Anda dapat memperluas basis pelanggan Anda dengan memasarkan produk pertanian organik.
Sekarang ada banyak aplikasi atau toko online yang memudahkan penjualan hasil pertanian. Ini memungkinkan pelanggan memilih barang yang mereka butuhkan tanpa meninggalkan rumah mereka, dan penjual dapat menyediakan hasil panen yang segar segera setelah pelanggan memesan.
Dengan menggunakan e-commerce ini, Anda dapat memperluas jangkauan pasar produk tanpa membatasi ruang dan waktu. Untuk menjadi lebih efektif, Anda dapat menggunakan fitur iklan yang disediakan dalam akun marketplace.
5. Mengawasi Sertifikasi untuk Produk Organik
Sebelum menjual produk pertanian organik, penjual harus mendapatkan sertifikasi untuk menjamin kredibilitas produk organik mereka. Ada beberapa lembaga di Indonesia yang dapat menyediakan sertifikasi untuk produk organik. Anda dapat coba hubungi mereka lewat telepon atau email.
6. Jalin kerjasama dengan berbagai pihak
Karena pertanian organik tidak sepopuler seperti pertanian konvensional, berbagai pihak harus bekerja sama. Anda dapat mengunjungi pasar tradisional, bekerja sama dengan minimarket lokal, mengunjungi pameran seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, atau melihat pameran yang menggabungkan produk pertanian organik.
Semakin sering Anda bekerja sama, akan semakin banyak orang tahu tentang produk organik yang di jual, sehingga berpeluang besar banyak orang akan mencoba produk yang Anda jual.
7. Strategi Harga
Harga juga sangat penting dalam memasarkan hasil pertanian organik; Anda harus menetapkan harga yang kompetitif tanpa mengurangi biaya selama perawatan tanaman. Pada tahap awal ini, Anda ingin membuat pelanggan mengenal produk Anda.
Menaikkan harga secara bertahap dapat dimulai apabila permintaan meningkat, tentu saja dengan catatan harga yang Anda tetapkan masih wajar agar pelanggan tidak tertipu.
Semua strategi pemasaran produk pertanian organik di atas harus dipadukan dengan terus menerus meningkatkan kemampuan dan kualitas produk.
Produsen dapat mulai dengan meminta pendapat pelanggan tentang hal-hal yang perlu ditingkatkan. Produsen yang mau mendengarkan keluhan pelanggan memiliki peluang besar untuk meningkatkan penjualan produk mereka.
Tags:
PERTANIAN